Jumat, 28 September 2012

Cara Cepat Riset Keyword Dan Riset Kompetitor Website



Cara Cepat Riset Keyword Dan Riset Kompetitor Website
Seiring berkembangnya teknologi program, diluar sana banyak sekali software yg menawarkan kemudahan untuk riset keyword seperti Micro Niche Finder, Market Samurai dll. Tapi bagi pemula, mungkin harga yang harus dibayar untuk membeli software tersebut agak memberatkan, belum lagi belajar cara penggunaannya untuk meriset lebih dalam lagi dari keyword yang akan ditarget tersebut.
Berikut ini salah satu software terbaru yg saya pakai juga dan sangat cocok sekali buat pemula, walaupun tidak tertutup kemungkinan buat yg sudah master sekalipun menggunakannya, karena software ini cukup efisien dan efektif dalam meriset keyword, bahkan sekaligus menginformasikan kompetitor dari keyword tersebut layak atau tidak kita gunakan untuk website kita.
Nama sofware nya Stealth Keyword Competition Analyzer (SKCA), harganya $27 saat tulisan ini dibuat waktu itu saya beli cuma $17, dan harga akan terus naik setiap jumlah pembelian tertentu, kalau bisa buruan ambil sebelum makin mahal.. :P

Cara pakai atau cara riset keyword dengan software SKCA ini, bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Akan lebih baik jika anda punya account google adwords, supaya bisa dapetin list keyword sebanyak mungkin dari google keyword tool. Buat yg belum punya account, daftar aja disini http://adwords.google.com (sori, sy gak jelasin cara daftarnya disini, bisa googling aja infonya)
    Tidak pakai daftar juga bisa disini https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal , tapi hasil keyword nya terbatas hanya sampai 100 keyword saja.
  2. Kalau langkah diatas sudah, anda login ke google adwords, dan pilih menu Keyword Tool
    Google Keyword Tool
    - Lalu ketikan keyword yang ingin anda riset.
    - Klik tanda + Advanced Options and Filters, pilih untuk lokasi dan bahasa apa dari target keyword anda itu. Kalau keyword bahasa Indonesia, jangan lupa ganti lokasi dan bahasanya Indonesia juga ya..
    - Masukan Filter keywords dengan kondisi Competition yang Low, dan klik Add another lalu pilih Global Monthly Searches => 500 pencari
    - Pilih Match Types nya yang [Exact]
    - Lalu klik tombol Search
    Lihat gambar contoh dibawah ini:
    Cara pakai Google Keyword Tool
  3. Jika hasilnya sudah keluar, pilih informasi kolom yg akan ditampilkan seperti ini. Dan anda bisa sort datanya dengan klik judul kolomnya.
    Kolom Google Keyword Tool
    Hasil Google Keyword Tool
  4. Download hasil generate keyword diatas ke format CSV file.
    Download Google Keyword Tool
    Download Google Keyword Tool

Setelah selesai langkah diatas, saatnya diriset dengan software SKCA

  1. Jalankan SKCA, dan klik browse untuk pilih file CSV tadi, lalu klik Open.
    Stealth Keyword Competition Analyzer
  2. Jika list keyword nya sudah muncul, anda tinggal klik Start untuk memulai programnya bekerja.
    Hasil Riset Keyword SKCA
Anda bisa lihat hasil program SKCA diatas, dia akan mengecek setiap keyword dari google keyword tadi secara otomatis. Nanti anda cukup lihat hasilnya pada kolom Keyword Rating. Untuk pemula, mungkin bisa pakai keyword yg hasilnya Amazing dan Great. Tapi jika anda cukup yakin dengan kemampuan SEO anda, tidak ada salahnya yg Good juga dipakai.
Untuk yang bermain Google Adsense, anda perlu perhatikan kolom Commercial dan Ads Count, karena itu mengindikasikan keberadaan dan jumlah iklan adsense untuk keyword tersebut di google.
Kesimpulan:
  1. Dengan Google Keyword Tool, anda langsung mengambil list keyword dari sumber nya langsung berikut informasi jumlah pencari dan pesaingnya secara umum.
  2. SKCA akan meriset lebih dalam dari keyword yg kita generate agar bisa kita filter keyword mana saja yang mudah untuk bersaing di internet.
  3. Selanjutnya, dari hasil itu anda bisa menentukan nama domain dari keyword utama yg akan digunakan, dan hasilnya yang lain bisa dijadikan secondary keyword untuk bahan artikel di website anda nanti.
Kelemahan dari software ini mungkin masalah proses nya yang agak lama, apalagi kalau keywordnya banyak… tapi lumayanlah, bisa ditinggal tidur kok, selamat mencoba.. :P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar